Pembangunan Rabat Jalan Dana Desa

Pembangunan infrastruktur atau yang dikenal oleh masyarakat luas dengan istilah pembangunan fisik adalah salah satu point dari alokasi pemanfaatan Dana Desa. Sejalan dengan penerapan, pengalokasian dan pengoptimalan DD tersebut, desa hari ini giat melakukan berbagai pembangunan dengan tujuan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Dalam kondisi masyarakat perdesaan, salah satu bentuk pembangunan fisik yang dapat membantu kesejahteraan masyarakat secara umum adalah perbaikan infrastuktur dalam bentuk perbaikan jalan. Hal tersebut mengingat medan di pedesaan yang sulit serta faktor belum layaknya jalan, menyulitkan masyarakat dalam mengakses pelayanan maupun peningkatkan perekonomian.

Pembangunan Rabat Jalan di RT 002 RW 005 Dusun growong Desa Ngroto merupakan salah satu pembangunan yang didanai APBDes Desa Ngroto  Tahun anggaran 2020. Pembangunan Rabat Jalan di RT 002 RW 005 mulai dikerjakan bln April – Mei 2020 . Sejalan dengan realisasi pembangunan rabat jalan, pengerjaan dilaksanakan dengan cara swakelola dan dengan melibatkan masyarakat sekitar lokasi pembangunan. Selain penerapan swakelola, pengerjaan pembangunan Rabat Jalan di RT 002RW 005 juga menerapkan padat karya tunai, sebagaimana yang diamanahkan oleh Presiden RI. Hal tersebut dimaksudkan untuk memberdayakan masyarakat di sekitar lokasi pembangunan, utamanya masyarakat dari golongan ekonomi menengah ke bawah.

Dengan realisasi pembangunan rabat jalan tersebut, diharapkan mampu mempermudah akses transportasi masyarakat RT 002 RW 005 maupun masyarakat Desa Ngroto secara umum dalam memperoleh pendidikan maupun akses perekonomian. Hal tersebut mengingat jalan tersebut merupakan jalur menuju lahan pertanian masyarakat, sementara kita ketahui bersama bahwa bertani merupakan mata pencaharian utama masyarakat Desa Ngroto.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan